warisan Dunia Unesco Inilah Gunung Mulu Malaysia

Gunung Mulu (Pinterest)

Taman Nasional Gunung Mulu merupakan sebuah taman nasional di Divisi Miri , Sarawak , Malaysia . Ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang mencakup gua dan formasi karst dalam pengaturan hutan hujan khatulistiwa pegunungan . Taman ini terkenal dengan gua-guanya dan ekspedisi yang telah dilakukan untuk menjelajahinya dan hutan hujan di sekitarnya, terutama Ekspedisi Masyarakat Geografis Kerajaan 1977–1978, yang melibatkan lebih dari 100 ilmuwan di lapangan selama 15 bulan. Ini memulai serangkaian lebih dari 20 ekspedisi yang sekarang dinamai Proyek Gua Mulu.

Sejarah

Referensi paling awal ke gua Mulu adalah pada tahun 1858 ketika Spenser St. John (Konsul Inggris di Brunei ) menyebutkan "massa batu kapur yang terpisah, banyak yang aus, dengan gua-gua dan terowongan alami" dalam bukunya "Life in the Forests of the Timur Jauh". Spenser mencoba mendaki Gunung Mulu kemudian tetapi gagal karena tebing kapur, hutan lebat, dan puncak yang tajam.

Pada abad ke-19, Charles Hose (seorang administrator di Raj of Sarawak ) mencoba mendaki Gunung Mulu tetapi gagal. Barulah pada tahun 1920-an, ketika seorang pemburu badak Berawan bernama Tama Nilong menemukan punggungan barat daya dekat gunung yang akhirnya menuju ke puncak. Pada tahun 1932, Tama Nilong memimpin Edward Shackleton selama Ekspedisi Universitas Oxford ke puncak Gunung Mulu. Ini adalah pendakian pertama yang berhasil ke puncak Gunung Mulu. Pada tahun 1961, GE Wilford, dari British Borneo Geological Survey, mengunjungi gua-gua Mulu. Dia mengamati Gua Rusadan Gua Angin. Dia juga memperkirakan bahwa lebih banyak gua akan ditemukan di masa depan.

Pada tahun 1974, Gunung Mulu dan sekitarnya ditetapkan sebagai taman nasional oleh pemerintah Sarawak. Pada tahun 1978, Royal Geographical Society mengorganisir ekspedisi ilmiah ke Taman Nasional Mulu, ekspedisi terbesar yang pernah dikirim dari Inggris. Ekspedisi berlangsung selama 15 bulan, di mana subkelompok kecil dieksplorasi dan disurvei 50 km (31 mi) gua, termasuk Clearwater Cave , Green Cave, Wonder Cave, dan Prediction Cave. Pada saat itu, tidak ada bandara dan tidak ada jalan logging yang tersedia di Mulu. Sebuah base camp didirikan di Long Pala. Pangkalannya berjarak tiga hari perjalanan dari hulu Miri. Maka dimulailah penjelajahan gua-gua di sisi barat Gunung Api.

Pada bulan Desember 1980, tim ekspedisi Inggris lainnya dikirim ke Gua Mulu selama 4 bulan. Dalam ekspedisi ini ditemukan kamar Sarawak yang terletak di Gua Nasib Bagus . Pada tahun 1984, Gunung Mulu ditetapkan sebagaiTaman Warisan ASEAN. Pada tahun 1985, taman ini resmi dibuka untuk umum. Dalam ekspedisi Inggris pada tahun 1988, sebuah hubungan dibuat antara Gua Clearwater dan Gua Angin, memperpanjang Gua Clearwater hingga 58 km (36 mi), diklaim sebagai lorong gua terpanjang di Asia Tenggara. 

Gua Blackrock juga ditemukan selama ekspedisi ini. Pada tahun 1991, sebuah lorong penghubung ditemukan antara Gua Blackrock dan Gua Clearwater, memperpanjang lorong Gua Clearwater hingga 102 km (63 mi) dan menjadikannya lorong gua terpanjang ke-7 di dunia. Antara 1993 dan 2000, tim ekspedisi Inggris menjelajahi sisi timur Gunung Api dengan beberapa penemuan yang dibuat di Lembah Tersembunyi.

Antara tahun 1995 dan 2000, tim ekspedisi Amerika dari National Speleological Society mensurvei Gunung Buda (Gunung Buda). Selama ekspedisi ini, Gua Pembebasan ditemukan. Pada tahun 2000, taman nasional Gunung Mulu dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO . Meliputi area seluas 52.864 hektar (528.64 km 2 ; 130.630 hektar), itu adalah taman nasional terbesar terbuka untuk wisatawan di Sarawak. Pada tahun 2001, Taman Nasional Gunung Buda diresmikan oleh pemerintah Sarawak.


Sejak tahun 2000, tim ekspedisi Inggris telah mengalihkan fokus mereka untuk menjelajahi gua-gua di sekitar Gunung Benarat . Akibatnya, gua Whiterock (di Gunung Api) ditemukan pada tahun 2003. Pada tahun 2005, gua Whiterock dikaitkan dengan sistem gua Clearwater, yang memperluas sistem hingga 129,4 km (80,4 mi); Kamar Api juga ditemukan selama ekspedisi yang sama. Eksplorasi selanjutnya difokuskan pada penggalian bagian yang lebih tersembunyi di gua Whiterock. Pada tahun 2017, Gua Whiterock diukur hingga 100 km (62 mi) dan Gua Clearwater diukur hingga 226,3 km (140,6 mi).

Alamat Wisata Gunung Mulu

Gunung Mulu National Park Kota Kuching terletak di provinsi -, Malaysia. Tepatnya di Serawak, Malaysia. Terdapat 1 tempat wisata di Kota Kuching. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut, silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.

Harga Tiket Masuk Gunung Mulu 

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kota Kuching. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Gunung Mulu National Park adalah RINGGIT MALAYSIA (RM)10.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Gunung Mulu National Park adalah RINGGIT MALAYSIA (RM)10.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Jam Buka dan Tutup Gunung Mulu 

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kota Kuching. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Gunung Mulu National Park.

Gunung Mulu National Park buka jam 08.00 dan tutup jam 17.00. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Kuching.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Iklan